IBX5A815AAF0C4C4

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Buat Pemula


Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Buat Pemula - Apakah pernah terbenak di pikiran anda bahwa gaji dari kantor masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup? Tidak jarang malah nombok agar kebutuhan dapat terpenuhi.
Jika anda meresakannya berarti anda membutuhkan penghasilan tambahan.

Dan pertanyaan berikutnya akan muncul di benak anda. Usaha atau bisnis sampingan apa yang bisa di lakukan ? Banyak sekali bisnis atau usaha sampingan di luarsana namun apakah kira-kira cocok dengan anda ? mungkin saat ini yang cukup realistis adalah bisnis online.

Mengapa bisa di sebut realistis? Karena bisnis anda tidak di batasi oleh waktu dan bisa di lakukan kapan saja dan dimana saja. Contoh bisa di lakukan saa naik ojek online, istirahat makan siang. Sahabat tekno akan rangkumkan cara untuk memulai bisnis online dari nol.

Mencari Inspirasi


Sebelum anda memulai bisnis online, sebaiknya anda melakukan riset terlebih dahulu. Kira-kira apasih yang si butuhkan masyarakat? Dan produk apa saja sih yang banyak masyarakat cari? Bisa yang lagi sedang tren atau produk yang selalu di butuhkan orang banyak.

Darimana saja anda bisa riset? Bisa dari teman atau keluarga saat berkumpul. Dengarkan apa saja yang mereka bicarakan tentang produk yang lagi remain di bicarakan.

Baca Juga : "Peluang Usaha yang Bisa Dilakukan di Tengah Pandemi Corona"

Selanjutnya anda cari tahu dimana anda bisa mendapatkan produk tersebut. termasuk mencari supplier yang bisa memberikan harga termurah.

Jadi anda harus memahami sekali apa yang di butuhkan oleh publik. Perlu di ingat produk yang di jual adalah produk yang di butuhkan banyak orang. Dan bukan karena kita suka dan ingin menjualnya.


Menetapkan Produk yang di jual


Selain riset secara langsung turun kemasyarakat, anda juga bisa melakukan riset secara online yaitu dengan mencari kata kunci atau keyword yang biasa banyak orang cari. Jika semakin banyak orang cari itu menandakan produk tersebut lagi tren atau banyak di butuhkan masyarakat.

Tapi ingat, akan ada banyak saingan dan tidak mudah untuk menjual produk, karena yang berfikir demikian bukan hanya anda bisa di katakan ada banyak orang juga yang punya pemikiran yang sama. Maka dari itu anda harus memikirkan matang-matang produk apa yang akan anda jual untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Tapi anda bisa mengkategorikan 2 tipe produk. Yang pertama adalah produk yang sedang tren. Yang kedua produk yang bersifat tidak basi atau long time dan pastinya di butuhkan masyarakat. Selama harga yang anda tawarkan masih kompetitif maka jualan anda akan mempunyai pembeli.


Memilih Sistem Penjualan


Bisa di bilang anda sangat beruntung hidup di era digital. Tidak bisa di pungkiri dunia online atau digital sangat mempermudah banyak hal termasuk kehidupan manusia.

Mencari produk untuk kemudian di jualnya kembali dengan memperoleh keuntungan. Pelaku bisnis online kini banyak sekali memilih system penjualannya menjadi dropshiper untuk memulai usahanya. Dropshiper membuat anda tidak harus menyimpan stok barang, yang anda lakukan hanya mencari pembeli urusan pengiriman dan packing biar menjadi urusan distributor. Tapi anda harus tahu terlebih dahulu mana distributor yang memiliki kredibilitas tinggi atau rendah. Jangan sampai anda banyak menerima complain dari customer akibat barang tidak sesuai atau kualitasnya tidak sesuai dengan yang di promosikan.

Baca Juga : "7 Cara Online Shop di Instagram Kebanjiran Order, Patut Dicoba!"

Membangun Website


Jika anda memiliki modal usaha, anda bisa saja tidak memilih system dropshiper. Anda bisa memilih system penjualan dengan melakukan stok hingga pengiriman barang dilakukan oleh anda sendiri. Ini bisa menjaga dan meningkatkan kredibilitas usaha online anda si mata konsumen.

Oleh karena itu anda harus memulai membangun website yang akan menjadikan etalase produk yang anda jual di dunia online. Website juga bisa menjadi media penyimpanan data customer yang pasti suatu saat anda butuhkan.

Dengan memiliki sebuah website, calon pembeli juga bisa melihat banyak produk yang disajikan. Termasuk mendapatkan info atau detail produk yang mereka cari.

Membuka Jaringan Media Sosial


Setelah anda memili website dan sudah tayang di dunia maya, kini saatnya anda membuat jaringan media social untuk memperluas jaringan promosi secara gratis. Buatlah akun dengan nama toko online anda sendiri. Tapi ingat jangan di satu media social saja. Di  Indonesia sendiri media social yang banyak sekali digunakan adalah Facebook, Instagram, Youtube, Twitter.

Sebaiknya anda memiliki akun di setiap media social agar informasi akan lebih cepat dan luas sampai ke konsumen agar mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga : "10 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil"


Jual Produk di Marketplace


Tidak cukup hanya dengan memiliki website dan promosi di media social saja. Anda bisa memperluas pemasaran produk melalui marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee yang bisa di bilang sangat membantu anda untuk menemukan pembeli nantinya.

Disaat Website dan media social anda belum di ketahui banyak orang, marketplace lah yang menjadi alat yang cocok untuk mendongkrak penjualan anda.

Mencari Asisten Jika Diperlukan


Ini adalah tahap selanjutnya yang akan anda lakukan jika bisnis online anda sudah berjalan baik bahkan berlari. Anda tidak mungkin mengurusnya sendiri mulai dari promosi produk, menerima order, packing, chat dari pada pelanggan dll. Anda pasti sangat membutuhkan yang namanya asisten untuk membantu ada menyelesaikan tugas tersebut.

Anda bisa mencari asisten dari orang-orang terdekat terlebih dahulu yang meiliki banyak waktu luang dan mereka harus professional begitu pula anda juga harus memberikan upah kepada asisten anda.

Buat Rekening Khusus Bisnis


Banyak orang diluar sana sering mencampur adukan pendapatan di satu rekening saja. Ini akan membuat anda sulit maju karena anda tidak akan bisa mengukur sudah berapa yang ada dapatkan penghasilan dari bisnis online ini.

Karena itu, anda harus membuka rekening secara terpisah dan jangan di gabung dengan rekening lain, anda akan pusing tiap bulannya saat melakukan perhitungan neraca pendapatan.


Komitmen Dengan Dua Kesibukan


TIdak kalah penting dalam memulai usaha online maupun offline adalah komitmen yang tinggi. Walaupun anda sudah lelai menghabiskan waktu banyak di kantor , tetapi anda harus tetap berkomitmen untuk meluangkan waktu di bisnis online anda.

Sebagai contoh anda kerja 8-9 jam perhari. Nah, waktu yang di berikan untuk bisnis online anda cukup 3-4 jam saja setiap harinya, lakukan hal tersebut secara konsisten.

Baca Juga : "5 Sifat yang dimiliki Pengusaha Sukses"

Memulai bisnis online sangat di butuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Karena anda harus pintar untuk membagi waktu antara pekerjaan utama dengan bisnis sampingan yang anda miliki.
Jangan sampai anda mendapatkan masalah di kantor anda akibat bisnis sampingan. Pintar-pintarlah membagi waktu saat anda ingin mengawali bisnis sekaligus seorang karyawan

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Buat Pemula Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Buat Pemula Reviewed by sahabat tekno on 1:36 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.