IBX5A815AAF0C4C4

Perbedaan Deposito dengan Reksadana, Mana yang Lebih Menguntungkan?



Kira-kira ada gak sih jenis reksadana yang resikonya kecil seperti deposito? Jawabannya ADA. Yaitu reksadana PASAR UANG. Biar lebih gampang coba kita bandingkan yuk antara reksadana pasar uang (RDPU) dan Deposito.

1. Deposito

Deposito mendapat keuntungan dari bunga. Karena deposito menggunakan system bunga, jadi keuntungan kamu sudah bisa di pastikan. Tapi besarnya bunga yang akan diberikan semua tergantung waktu kamu menyimpan uang atau tenor dan seberapa besar dana yang akan kamu simpan di deposito.



Sumber : kontan
Data per 24 April 2020

Dari data di atas, kita bisa melihat kalau bunga deposito yang bisa di kita dapat berkisar antara 3,4%-5,9%. Tapi perlu di ingat kembali bunga deposito ini masih di potong pajak lagi loh.

Menurut PPh Pasal 4 Ayat (2). Pajak deposito sebesar 20%.

Contoh:
Misalnya kamu menyimpan uang di deposito Bank Mandiri sebesar Rp 40 juta dengan bunga 5% per tahun, begini hitungannya;
Bunga deposito 1 tahun = Rp40 juta x 5% = Rp2 juta
Pajak bunga deposito 1 tahun= 20% x Rp2 Juta = Rp400.000
Bunga bersih yang kamu terima = Rp2 juta - Rp400,000 = Rp1,6 Juta
Bunga bersih setelah pajak adalah 4%.
2. Reksadana Pasar Uang
Berbeda dengan deposito, reksadana pasar uang (RDPU) memiliki keuntungan yang bisa berbeda-beda setiap tahunnya, sebab keuntungan berasal dari kenaikan harga reksadana tersebut. Reksadana Pasar Uang (RDPU) memiliki risiko yang relative kecil. Tapi, keuntungannya umumnya lebih besar dibandingkan dengan deposito. Berikut beberapa data return investasi reksadana pasar uang (RDPU) di aplikasi bibit per 24 April 2020.
Perbandingan Total Return 1 Tahun Reksadana Pasar Uang
Sumber : Aplikasi Bibit

Bisa kita lihat bersama bahwa reksadana pasar uang mempunyai return 6,1%-7,28% dalam 1 tahun terakhir dan ini tidak ada biaya pajak sama sekali.

Ini adalah keuntungan reksadana pasar uang di bandingkan deposito:

Pertama, reksadana adalah instrumen investasi kolektif, artinya investor mengumpulkan dananya dalam satu wadah dan kemudian diinvestasikan oleh Manajer Investasi reksadana. Jumlah dana akan lebih banyak yang kemudian disimpan dalam deposito, sehingga mendapatkan suku bunga khusus diatas suku bunga normal. Otomatis keuntungannya akan lebih besar.
Kedua, reksadana pasar uang tidak hanya menaruh dananya dalam satu jenis instrumen investasi seperti deposito, tapi juga dalam surat hutang jangka pendek. Bunga dari surat hutang, umumnya lebih besar dari bunga deposito. Selain itu, surat hutang dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun termasuk instrumen investasi yang memiliki risiko relatif rendah.
Reksadana pasar uang lebih menguntungkan bukan?
Yuk tunggu apalagi , mulai investasi di BIBIT download aplikasinya disini
Jangan lupa masukan kodereferral = investasipastiuntung
Agar kalian bisa mendapatkan cashback 25.000 saat pembelian reksadana di bibit.


Perbedaan Deposito dengan Reksadana, Mana yang Lebih Menguntungkan? Perbedaan Deposito dengan Reksadana, Mana yang Lebih Menguntungkan? Reviewed by sahabat tekno on 12:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.