IBX5A815AAF0C4C4

5 Tujuan Konservasi Sumber Daya Air


Kita sudah tidak asing dengan istilah konservasi yang juga bisa disebut dengan pelestarian. Konervasi adalah usaha yang dilakukan demi mendapatkan manfaat dari sumber daya yang tersedia alam. Tapi juga mempertimbangkan untuk tetap mempertahankan setiap unsur sumber daya tersebut supaya dapat digunakan di masa depan.
Sebagai penikmat kekayaan alam, melakukan konservasi alam merupakan sebuah kewajiban. Sumber daya air menjadi salah satu dari kekayaan alam yang harus dilestarikan. Sebab air adalah kebutuhan pokok untuk semua makhluk hidup di planet ini. peranan air pun tidak dapat digantikan.

Tujuan Konservasi Sumber Daya Air

Melestarikan sumber daya air mempunyai 7 tujuan utama, yaitu:
  1. Mencegah bencana
Bencana kekeringan dan banjir sangat berkaitan dengan sumber daya air. Penggunaan air dengan lebih bijak dapat mengurangi dampak kekeringan dan mengurangi risiko banjir.
  1. Mencegah sedimentasi
Sedimentasi bisa menyebabkan pendangkalan di sungai dan juga waduk. Penyerapan air menjadi berkurang karena sedimentasi. Oleh sebab itu diperlukan pengerukan sungai dan waduk secara rutin.
  1. Menjaga keseimbangan
Keseimbangan alam dan ekosistem harus dijaga. Salah satunya melalui pelestarian sumber daya air agar seluruh makhluk di alam dapat hidup normal.
  1. Mencegah kerugian
Ulah manusia banyak membawa pengaruh buruk terhadap alam. Tujuan konservasi sumber daya air yaitu untuk mencegah manusia merusak alam, termasuk sumber daya air. Dengan mencegah perbuatan ini, kerugian tidak akan terjadi.
  1. Menjaga ketersediaan air
Air tetap dibutuhkan oleh anak cucu kita. Oleh sebab itu, konservasi terhadap sumber daya air alam perlu dilakukan. Tujuannya memastikan agar sumber daya air tetap ada dan tersedia untuk masa mendatang.

Peran Aqua dalam Konservasi Sumber Daya Air

Aqua merupakan air mineral yang diproduksi dari sumber mata air pegunungan. Kesegaran air alami dapat Anda rasakan dalam sebotol Aqua. Kandungan mineral yang terdapat di dalamnya juga sangat baik untuk mendukung metabolisme tubuh Anda.
Aqua memiliki komitmen untuk menjaga sumber daya air. Mata air yang digunakan Aqua untuk bahan baku air mineral tidak dieksploitasi dengan membabi buta. Ada standar khusus yang dimiliki oleh perusahaan ini dalam mengolah sumber daya air. Informasi selengkapnya dapat dilihat di https://www.sehataqua.co.id/aqualife/.
Dengan membeli produk Aqua, Anda juga turut menyukseskan program Bijak Berplastik. Program ini mengampanyekan agar penggunaan plastik dikurangi jumlahnya. Penggunaan botol dan kemasan daur ulang adalah wujud nyata Aqua dalam menyukseskan program ini.
5 Tujuan Konservasi Sumber Daya Air 5 Tujuan Konservasi Sumber Daya Air Reviewed by sahabat tekno on 9:29 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.