IBX5A815AAF0C4C4

Penyebab Kulit Kepala Kering dan Cara untuk Mencegahnya


Penyebab Kulit Kepala Kering dan Cara untuk Mencegahnya - Kulit kepala kering serta terasa gatal memang bisa mengganggu kenyamanan dan penampilan. Kulit kering di kepala bisa menimbulkan bercak bersisik dan rasa gatal. Penyebabnya tentu saja begitu beragam seperti psoriasis, eksim hingga dermatitis seboroik. Selain itu, ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan kulit kepala mengering seperti udara dingin dan usia tua.
Ketika menemukan kulit kepala yang kering, lebih baik segera lakukan penanganan sehingga tak menjadi semakin prah, selain itu untuk mengatasinya harus diketahui terlebih dulu apa yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa penyebab serta cara mengatasinya.

Dermatitis Seboroik

Eksim seboroik atau dermatitis seboroik bisa membuat kulit kepala menjadi bersisik dan memiliki warna merah. Tak jarang, kondisi ini bahkan bisa menyebabkan ketombe. Banyak orang yang menganggap jika kondisi ini disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan diri. Padahal, hingga sekarang penyebab dari eksim seboroik belum diketahui, tetapi penyebabnya diduga disebabkan oleh peradangan atau jamur yang ada di kepala.
Biasanya, kondisi kulit kepala kering yang disebabkan oleh eksim seboroik berlangsung hingga jangka panjang dan kambuh-kambuhan, sehingga dibutuhkan perawatan berulang. Jika Anda memeriksakan kondisi ini ke dokter, nantinya dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan shampo anti ketombe, jika penggunaan shampo tak berhasil, dokter akan melakukan pengobatan agar bisa menekan aktivitas sistem kekebalan tubuh yang aktif.
Tak hanya itu, nantinya dokter juga memberikan perawatan sehingga bisa mengatasi peradangan pada kulit dan memberi obat oles agar bisa mengatasi bakteri. Obat dalam bentuk tablet juga diresepkan untuk mengatasi kondisi ini.

Psoriasis

Psoriasis biasanya membuat kulit menjadi bersisik dan berwarna merah. Hal ini disebabkan karena lapisan kulit terkelupas serta menumpuk. Kondisi ini bukan hanya terjadi pada kulit kepala namun juga di belakang leher, kening dan belakang telinga. Banyak ahli yang berpendapat bila kondisi psoriasis ini dikarenakan gangguan sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan kulit tumbuh begitu cepat dan akhirnya mengelupas.
Biasanya, penderita psoriasis akan merasakan gatal dan luka berkerak tebal. Menggaruk kepala dengan berlebihan bisa menyebabkan infeksi dan kerontokan rambut. untuk mengatasi kondisi psoriasis, sebenarnya bisa menggunakan gel, salep dan shampo. Bukan hanya itu, biasanya dokter akan memberikan minyak dengan bahan sulfur. Bila mengalami psoriasis dengan tingkatan parah, dokter juga akan memberikan obat oral dan suntik.

Eksim

Eksim dapat membuat kulit kepala menjadi terlihat bersisik. Bahkan tak jarang eksim juga menimbulkan gatal. Eksim pada kulit kepala biasanya terjadi pada anak-anak hingga remaja. Penyebab munculnya eksim ini tak diketahui dengan pasti, namun diduga berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.
Untuk mengatasi eksim pada kulit kepala, penderita bisa menggunakan kortikosteroid serta pelembab yang sudah diberikan dokter. Agar penyembuhan bisa berjalan dengan cepat, hindari menggunakan sabun dengan bahan yang keras, dan hindari menggaruk kepala ketika terasa gatal.
Keringnya kulit kepala bukan hanya mengganggu penampilan secara keseluruhan, namun bila dibiarkan menjadi semakin parah, kondisi ini bisa menimbulkan infeksi karena luka menjadi terasa gatal. Beberapa masalah kulit bisa diatasi dengan pengobatan mandiri di rumah. Contohnya, Anda bisa menggunakan shampo. Pilih shampo yang mampu menangani kondisi kulit kepala kering dengan maksimal, sekarang ini tidak sedikit shampo yang memberikan kandungan tambahan sehingga bisa mengatasi kondisi ini dengan maksimal. Namun bila kondisi ini semakin parah dan mengganggu, segera lakukan konsultasi ke dokter sehingga Anda memperoleh penanganan tepat.
Penyebab Kulit Kepala Kering dan Cara untuk Mencegahnya Penyebab Kulit Kepala Kering dan Cara untuk Mencegahnya Reviewed by sahabat tekno on 9:22 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.